-->
Cahaya Ilmu, Penenang Qolbu

Mecari cahaya dalam cahaya

Mengenal Mbah Gatot, Pahlawan pertanian.



Bengkah.com - sahabat bengkah adakah yanh kenal dengan Mbah  Gatot kenal surono?
Beliau adalah orang yang di tuduh kiri oleh orde baru.
Pernah di jebloskan ke penjara sepulang dari kuliah ikatan dinas  di china selama 4 tahun.
Gelarnya doktor. Tapi malah jadi seseorang pekerja pabrik karna susah mendapat kerja karna di cap orang kiri. Di bantu seorang uskup dia bekerja di pabrik penyulingan, itupun masih di racekin pensiunan tentara rekan sepabriknya. 

Akhirnya beliau di pecat.
Namun di pecat dengan hormat karna jasa nya pada pabrik sudah membuat pabrik besar.
Pabrik memecat beliau karna tekanan dari pensiunan tentara tadi.
Beliau dapat pesangon dari pesangon beliau, beliau menyewa tanah di desanya untuk bertani.

Beliau menanam padi dengan cara alami pada 1984.
Tapi saat itu orde baru sedang gencar gencarnya mengolakan swasembada beras sehingga aturan tanam padi pun semua harus menerima berdasarkan paket yang di minta orde baru.

Beliau tak mau, dia tetap gigih menanam padi dengan cara alami yang kata beliau tidak mencemari tanah maupun tidak berbahan kimia, beliau ingin melanjutkan warisan tanam leluhur beliau katanya.

Akhirnya beliau di datangi tentara kembali, padi beliau di cabuti dan beliau di penjara lagi di koramil selama 4 bulan dengan tuduhan melawan rejim suharto.
Tapi beliau tetap gigih menyuruh orang lain untuk menanam kembali tanaman padi tersebut.

Hingga pada suatu ketika beliau panen besar, beliau mengundang tentara tentara koramil tadi untuk syukuran acara makan makan di rumah beliau, dengan nasi hangat yang beraroma harum dan legit serta lauk pauk khas desa.

Tentara tersebut kemudian bertanya kepada beliau "Saya belum pernah makan seenak ini sebelumnya nasinya juga enak dan beda, ini beras apa?"
Di jawab lah oleh pak gatot "Beras itu saya namakan Raja Lele, itu dari benih padi yang bapak larang saya untuk menanam nya dan bapak cabuti kemarin".

Tentara tersebut sontak kaget dan berkata "Mbah saya minta maaf, saya ini cuman aparat saya menjalankan perintah, saya dapat laporan kalo saya tidak menjalankan perintah tersebut saya di pecat".
Mbah gatot menerima itu dan berkata pada tentara tersebut untuk tidak melarang kegiatannya lagi karna beliau akan mengajari itu ke semua petani di desanya.

Yaa kawan kawan. Bapak Gatot Surono adalah seseorang pahlawan pertanian yang mengharumkan nama indonesia dari karya benih beras raja lelenya yang di kenal dunia.
Beliau di cap kiri bertahun tahun dan mendapat perlakuan kurang mengenakan dari orde baru selama berpuluh puluh tahun karna di angap komunis.

Tapi itu tak menyurutkan niat beliau untuk mengabdi pada negara dengan penemuan dan inovasinya yang luar biasa di bidang pertanian.
Hinga nama beras RAJA LELE di kenal masyarakat dan jadi beras dengan kualitas ungul.
Namun sayang beliau telah meningal pada 19 agustus 2019.
Beberapa hari setelah kemerdekaan RI ke 74.
Beliau adalah pahlawan di bidang pangan. Sudah selayaknya pemerintah mengapresiasi karya beliau dengan penghargaan yang pantas pula.
Terimakasih mbah Gatot, Nama mu akan selalu hidup dalam benih benihmu, dan akan kami tuai ilmu ilmu mu bagi generasi mendatang.

Video lengkap interview beliau :
https://youtu.be/iTg9bGp53fo

🌾🌾🌾🌾🌾🌾🌾🌾🌾🌾🌾🌾🌾🌾🌾🌾🌾🌾