-->
Cahaya Ilmu, Penenang Qolbu

Mecari cahaya dalam cahaya

Kalimat Tauhid bukan sekedar Simbol dari lisan Masuk kehati


Saat ini kita disuguhi penggunaan kalimat Tauhid di topi. Memang,  secara dalil syar'ie tidak ada pelarangannya.  Karena memang tidak masuk dalam wilayah syariat murni.

Namun,  jika mau belajar agama Islam lebih dalam,  kita akan mengenal istilah "Ikhtiyath" yakni sikap kehati-hatian supaya tidak nabrak syariat atau adab..

Mari kita lihat prakteknya.  Jika kalimat Tauhid diletakkan di topi  akan sangat rentan dengan tindakan kurang pas yang akan kita lakukan. 

Misalnya topi jatuh,  terinjak,  atau kalau kena keringat akan jadi berbau tidak sedap.  Belum lagi jika akan masuk toilet bagaimana jika lupa melepasnya. 

Belum lagi kita tidak tahu bagaimana cara pengguna topi ini menjaga kebersihan dan kesuciannya selalu. Inilah yang dimaksud dari bagian 'ikhtiyath' tersebut.

Kalimat Tauhid itu sangat suci,  sangat sakral bagi umat Islam. Sebagaimana sakral dan sucinya mushaf Al Qur'an.

Kita sangat menghormati Bendera negara Saudi Arabia dan tidak pernah mempermasalahkan karena meyakini bahwa bendera adalah hal yang sakral dan ditempatkan di posisi terhormat. 

Itu saja,  kita sering menyayangkan ketika bendera tersebut disatukan dengan bendera negara lain,  disablonkan di bola.

Kita sangat menyesalkan ketika benderanya dijahit dipakai model kecantikan dengan gaya yang teramat seksi. 

Dan seterusnya...  Dan seterusnya...

Dan yang amat sangat membuat terbelalak ialah latar belakang munculnya ide topi bertuliskan kalimat tersebut,  salah satunya ialah sebagai simbol perlawanan karena seorang Ustadz yang dikagumi ditolak mengisi pengajian dimana-mana. 

Bukan oleh kalangan orang lain,  melainlan dari tubuh kaum Muslimin sendiri.  Dengan memakai simbol tauhid tersebut tentu ada maksud yang hendak disampaikan.

Apalagi khod dan warna dasarnya ialah khod putih,  warna dasar hitam.  Yang oleh organisasi HTI pernah dikumandangkan sebagai bendera perangnya Rosulullah (padahal khod jenis itu belum ada di jaman Rosulullah SAW).

Kita wajib mengkhawatirkan jika sikap ini justru mencocoki dari apa yang telah didhawuhkan Sayyidina Ali Karromallahu Wajhah,  " Kalimatul haq yuridul bathil". (Kalimat yang benar namun dipakai untuk hal yang tidak benar). 

Maka, hendaklah kita jangan sampai terpengaruh untuk memakainya.  Jangan sampai kita terjebak pada semangat beragama yang membara namun tidak dibarengi dengan ilmu agama yang cukup.

Tidak ada yang bisa merendahkan Islam.  Yang membuat Islam kadang terkesan kurang indah adalah perilaku sebagian pemeluknya sendir (Oleh : Shuniyya Ruhama)