-->
Cahaya Ilmu, Penenang Qolbu

Mecari cahaya dalam cahaya

Gus Muwafiq Jannur Ahmad mondok/belajar di mana?


lilinqolbu - Gus Mufafiq ulama yang sangat luas ilmu agamanya, sejarah secara runtut beliau ceritakan ketika berdakwah.

Namun akhir - akhir ini nama beliau rame di media sosial karena video salah satu ceramah beliau di cut/potong oleh orang - orang yang tidak bertanggung jawab.

walau begitu gus Mufafiq tetap klarifikasi dan dengan kerendahan hati memohon maaf.

Gus Muwafiq berasal dari Lamongan Jawa Timur. Mendapat didikan awal dari ayahnya, yang berguru di Pondok Pesantren Langitan, kepada Mbah Faqih, dari Mbah Abdul Hadi, dst. nyambung sampai ke Sunan Kalijaga.

Gus Muwafiq juga pernah mondok di Lirboyo, kakak seniornya Kiai Mukti Ali Qusyairi. Sekarang putri Gus Muwafiq pun sedang nyantri di Pondok Pesantren Lirboyo Kediri.

Beliau juga pernah mondok di Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton. Mendapat sanad kitab Hikam Ibn Athaillah melalui kiai di Bungah Gresik yang ngaji kepada Hadratussyaikh KH. Masduqi Lasem. Info ini seperti diceritakan langsung Gus Muwafiq kepada Gus Atiq Hadi Masruri PP At-Taufiqi Wonopringgo Pekalongan.

Gus Muwafiq adalah seorang santri yang aktivis. Diantara teman perjuangannya selama puluhan tahun adalah Mbah Ompit Tawallani.

Gus Muwafiq juga mendapat didikan langsung dari Gus Dur. Tulisan tentang ini banyak tersebar di belantara medsos.

Dalam dunia akademik, Gus Muwafiq satu almamater dengan Kiai Ibrohim Nawawi. Bahkan menurut Bib Noval Kun Maliki, Gus Muwafiq pernah jadi pimred di salah satu media massa, atau wartawan senior.

Sedikitnya itu yang bisa saya infokan.